Thursday, July 21, 2016

Mengenal Korea Lebih Jauh - Transportasi Umum di Seoul

Halo semuanya~
안녕하세요~ ^^

Setelah cukup lama vakum karena kesibukan para admin, akhirnya #dariKorea balik lagi nih! Pada post kali ini kita mau membahas tentang transportasi umum di Korea. Nah, apa saja sih alat transportasi yang ada di Korea? Penasaran kaaaan? :)

Semoga post ini sedikit membantu teman-teman yang nantinya berencana untuk tinggal di Korea, maupun datang traveling ke Korea. Yuk baca selengkapnya!




   Pada umumnya, alat transportasi di Korea dibagi menjadi tiga yaitu bus, subway dan taksi. Sementara untuk jarak jauh atau antar kota, terdapat juga kereta, bus antar kota dan pesawat. Kali ini kita akan membahas tentang yang di dalam kota aja yaaa, tepatnya transportasi umum di kota Seoul.

1. Bus (버스)

Bus dalam bahasa Korea adalah 'boseu' (버스). Ada tiga tipe bus yang beroperasi di kota Seoul. Pertama, yaitu regular bus yang paling sering ditemui dengan warna biru dan hijau. Biaya naik regular bus untuk dewasa adalah mulai dari 1.300 won dengan cash dan 1.200 won jika menggunakan kartu transport.


   Kedua, adalah express bus yang biasanya berwarna merah. Sesuai namanya, express bus memang lebih cepat dibandingkan dengan regular bus karena hanya berhenti di halte-halte tertentu. Kebanyakan, express bus beroperasi pada area-area yang padat dan sibuk. Tidak hanya di dalam kota Seoul, express bus juga beroperasi hingga kota-kota tetangga seperti Goyang-si dan Incheon. Tarif dari express bus untuk dewasa adalah mulai dari 2.400 won (cash) dan 2.300 won (kartu transport).


   Ketiga, adalah village bus yang beroperasi hingga pelosok-pelosok kota Seoul. Bus ini akan mengantar penumpang ke dalam desa atau perumahan, jadi tidak perlu capek-capek berjalan kaki hehe. Village bus biasanya berwarna hijau dengan ukuran yang sedikit lebih kecil daripada regular bus. Tarif dari village bus adalah 1.000 won (cash) dan 900 won (kartu transport).



2. Subway (지하철)

Selain bus, subway atau kereta bawah tanah juga merupakan transportasi umum yang sering digunakan orang-orang Korea. Dalam bahasa Korea, subway disebut dengan 'jihachol' (지하철). Selain cepat dan efektif, subway memang lebih mudah untuk digunakan terutama bagi para turis karena tersedia petunjuk dalam bahasa Inggris, Mandarin dan Jepang.


   Terdapat sembilan jalur utama subway serta epuluh jalur tambahan yang beroperasi di kota Seoul dan sekitarnya. Banyak banget yah? Maka dari itu penumpang harus teliti melihat peta jalur agar tidak nyasar, hehe. Jangan lupa untuk menginstall aplikasi jalur subway di handphone teman-teman :)

   Tarif subway adalah mulai dari 1.250 won. Untuk dapat naik subway, teman-teman harus memiliki kartu transport (T-Money, Cash Bee, dll) yang biasa dijual di convenience store. Bisa juga dengan membeli tiket sekali jalan di mesin tiket yang ada di stasiun-stasiun subway.



3. Taksi (택시)

   Taksi juga dapat ditemui hampir di setiap area di Seoul. Semua taksi dilengkapi dengan GPS yang sangat membantu jika penumpang tidak tahu jalan menuju destinasi. Selain itu taksi juga bisa dipanggil melalui telfon dan beragam aplikasi handphone seperti Naver Taxi atau Kakao Taxi. Teman-teman juga tidak perlu khawatir jika tidak membawa cash, karena rata-rata taksi di Korea menerima pembayaran dengan kartu transport dan kartu kredit juga. Mudah banget ya! Tarif awal taksi adalah 3.000 won.



Cukup sekian post #darikorea kali ini. Semoga membantu perjalanan teman-teman selama di Korea. Stay tuned terus untuk artikel-artikel seru yang lainnya yaa!

Untuk kamu,


#darikorea

No comments:

Post a Comment